Zevit Grow & Zevit C Time Release

Zevit Grow & Zevit C Time Release

zevit zone
ARTICLES
Cara Survive Tahan Godaan Saat Puasa
PERSONAL ZONE

Cara Survive Tahan Godaan Saat Puasa

Friday, 19 May 2017

Menjalani puasa memang gampang-gampang susah. Walaupun sudah bukan anak-anak, tapi pasti adaaaa aja godaann yang bisa bikin puasa batal atau bikin pahala kita menipiiiissss. Berikut ini adalah beberapa godaan yang sering dialami oleh remaja seumuran kamu dan cara mengatasinya biar kamu bisa survive hingga azan magrib nanti!

Godaan #1 Menahan haus dan lapar

Semakin dewasa nggak berarti menahan haus dan lapar jadi lebih mudah. Apalagi kalau di lingkungan kamu banyak teman-teman lain agama yang tetap makan dan minum seperti biasa. Lagi asyik-asyiknya nonton TV, iklan minuman dingin dan segar malah muncul berulang kali. Duuuhh, jadi makin lemes deh!

Solusi: Cukup makan dan minum sahur bisa membuat kamu terhindar dari rasa lapar yang berlebihan. Jadi pastikan kamu tidak malas bangun saat sahur. Kamu juga tidak bisa melarang orang lain (yang tidak berpuasa) untuk makan dan minum, jadi jika kamu termasuk orang yang gampang ‘ngiler’ mendingan kamulah yangmenghindari ikut nongkrong bareng di kantin atau tempat makan lainnya. Sebagai gantinya, kamu bisa membeli atau minta dibuatkan oleh Mama menu berbuka favoritmu. Pasti kamu jadi lebih semangat menanti beduk.

Godaan #2 Gosipin orang

Paling ngga tahan emang ngegosipin orang. Mulai dari gosipin cewek dan cowok karena di sekolah sampai ngomentarin orang lewat. Hei, buang jauh-jauh dong kebiasaan jelek ini. Apalagi di bulan puasa. Emang nggak bikin batal sih, tapi bikin pahala puasa kamu berkurang. Sayang kan?

Solusi: Jangan menjadi api dalam kelompok. Gosip biasanya dimulai saat kamu lagi ngumpul bareng temen-temen dan ada satu orang yang mulai mengatakan, “Eh, tau nggak sih lo....”  dan ditanggapi oleh yang lainnya. Jadi coba deh, janjian sama teman-teman kamu untuk berkomitmen saling mengingatkan saat ada yang mulai bergosip. Sebagai gantinya, kalian bisa melakukan hobi positif bareng-bareng. Misalnya olahraga pas ngabuburit, bikin barang-barang handmade, atau masak kue kering bareng. Pikiranmu pasti teralihkan.

Godaan #3 Ngomong sembarangan

Pengemudi motor yang bandel dan supir angkot yang ugal-ugalan, emang bikin emosi memuncak. Ujung-ujungnya kamu jadi marah dan bahkan memaki mereka. Wah, padahal puasa itu kan harusnya untuk melatih kesabaran. Gimana ya menahannya?

Solusi: Dalam keadaan emosi memang sulit banget nahan mulut supaya nggak ngomong sembarangan. Coba deh hindari kondisi-kondisi yang bisa memancing emosi kamu. Misalnya biar nggak bete karena macet di jalan, coba berangkat dan pulang sekolah tepat waktu, sehingga kamu nggak perlu kesal karena macet. Kamu juga bisa membasuh wajah atau wudhu saat sedang kesal. Katanya sih bisa membuat hati lebih adem. Layak dicoba nih gaes!

Godaan #4 Mengkhayal macam-macam

Tepis dulu deh kebiasaan membayangkan pacaran sama artis cantik dan ganteng idola kamu. Sebab, saat puasa kamu juga harus menjaga pikiranmu!

Solusi: Yap, bukan hanya manahan godaan haus, lapar, dan amarah, kamu juga harus menjaga hati dan pikiran biar selalu ‘bersih’. Hindari dulu deh nonton film yang dibintangi artis favoritmu daripada mengkhayal yang nggak-nggak. Batasi juga kontak fisik dengan pacar. Mungkin ini saatnya kamu ngabuburit sambil bagiin makan berbuka ke orang-orang di jalan atau di lingkunganmu. Kegiatan ini bisa dilakuin bareng pacar juga kok.

Apapun godaaannya, kamu pasti bisa survive asal punya niat yang kuat dan penuh keikhlasan. Meski awalnya terasa berat, tapi yakin aja kamu bisa beribadah dengan maksimal selama satu bulan penuh hingga hari raya ini. Selamat menjalankan ibadah puasa ya gaes, tetap semangat untu k#naikinibadahlo !

BACA JUGA
PERSONAL ZONE
Film Horor Indonesia yang Sukses Bikin Kamu Merinding
Sejak dulu kala, film horror Indonesia memang memiliki daya tariknya sendiri. Alasannya karena banyak orang menganggap bahwa hantu di Indonesia berbeda dan lebih menyeramkan daripada hantu di negara lain.
BACA SELENGKAPNYA »
PERSONAL ZONE
Tips Menentukan Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Passionmu
Memasuki tingkat akhir di sekolah menengah atas tentu merupakan hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan, karena di saat inilah kamu harus mempersiapkan diri
BACA SELENGKAPNYA »
PERSONAL ZONE
Bosan dengan Hal Biasa, Ini 4 Cara Seru Buat Mengisi Akhir Pekanmu
Menghabiskan waktu luang dengan berdiam di rumah atau pergi ke mall untuk bertemu dengan teman saat akhir pekan memang menyenangkan. Namun, jika kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap minggu
BACA SELENGKAPNYA »
PERSONAL ZONE
Sering Mengalami 6 Hal Ini? Tandanya Kamu Sedang Jatuh Cinta
Jatuh cinta memang berjuta rasanya, apalagi buat remaja seperti kamu yang sudah mulai mengenal lawan jenis dan timbul benih-benih rasa suka karena sering bersama
BACA SELENGKAPNYA »