Zevit Grow & Zevit C Time Release

Zevit Grow & Zevit C Time Release

zevit zone
ARTICLES
Bullying Bisa Terjadi dengan Cara-cara Ini Lho!
SCHOOL ZONE

Bullying Bisa Terjadi dengan Cara-cara Ini Lho!

Thursday, 26 October 2017

Masalah bullying bisa terjadi sama siapa aja. Dari anak TK sampai lulus SMA semua dapat mengalaminya. Tapi bukan berarti ini adalah hal yang bisa dianggap lazim dan biasa aja guys.

Efek bullying sendiri bisa kerasa sampe jangka panjang, bahkan masih kebawa hingga kita udah dewasa nanti. Menurut penelitian, banyak korban bullying yang tumbuh dengan berbagai gangguan psikologis semisal depresi, cemas, obsesi soal berat badan, dan emosi yang nggak stabil. Bahkan bisa juga korban bullying berubah menjadi pelaku. Pokoknya ngga ada bagus-bagusnya deh efek bully mem-bully ini! Bagaimana denganmu? Jangan sampai nih, tanpa sadar kamu sendiri pun terlibat. Cek dulu yuk apa kamu pernah mengalami atau bahkan melakukan tipe-tipe bullying berikut ini:

Social bullying
Pada umumnya bullying sosial ini dilakukan untuk ngerusak reputasi atau hubungan seseorang. Sehingga kadang-kadang disebut juga sebagai bullying relasional. Misalnya kamu keseel banget sama orang, terus kamu ngucilin dia dan nggak bolehin ada orang lain ngomong sama dia. Kalo kamu ngelakuin itu, kamu udah bisa disebut sebagai pelaku bullying lho!

Contoh lain yang tergolong dalam bullying sosial meliputi: ngejauhin dengan sengaja, mengajak bahkan memaksa anak-anak lain untuk nggak berteman dengan korban, memfitnah, menyebarkan rumor yang nggak bener tentang korban, sampai mempermalukan korban di depan umum. Akibat dari bullying sosial ini bisa sangat ngerugiin korbannya, karena reputasi yang udah tercemar biasanya sulit diperbaiki lagi.

Yang biasa jadi korban bully jenis ini adalah mereka yang pendiam, nggak punya banyak teman, atau yang terlihat nggak bisa melawan. Jadi kalau kamu ingin ngedukung teman yang jadi korban, kamu kudu nemenin mereka sampai lama kelamaan mereka jadi berani buat stand up for themselves.

Bullying verbal
Ialah melakukan kekerasan atau penindasan lewat perkataan dan tulisan. Yang termasuk perbuatan bullying verbal antara lain mengejek, menghina, menganggap remeh, memanggil dengan nama julukan yang kasar atau menyakitkan, menggoda atau berkomentar yang tidak pantas, membentak dan memaki, serta mengintimidasi atau mengancam. Terkadang, kita ngejek dengan maksud bercanda. Atau ada juga yang memaki atau nyinyir ketika lagi marah. Tetapi sebagai orang yang berpendidikan, kita nggak dibenarkan kelewat batas dalam berperilaku seperti itu. Karena perilaku ini termasuk bullying dan bisa menyakiti dan melukai orang lain, walaupun mungkin “luka” yang timbul nggak kasat mata.

Jika kamu jadi korban, atau melihat ada temanmu yang dibully secara verbal, lebih baik jangan ikut-ikutan. Kalau bisa, coba diskusikan pengalamanmu dengan guru atau orangtua agar persoalan yang terjadi tidak berlarut-larut.

Bullying fisik
Bullying jenis ini nggak cuma meliputi kekerasan fisik aja seperti memukul, menendang, dan mendorong. Tindakan apapun yang bertujuan menyakiti tubuh, mengganggu ketentraman jasmaniah, melanggar kenyamanan fisik, hingga merusak benda kepunyaan seseorang, juga bisa disebut sebagai bullying fisik. Jika kamu merupakan korban atau saksi mata bullying fisik, jangan diem aja yah! Segera laporkan ke orang tua atau guru, sebelum terjadi hal-hal yang lebih parah!

Cyber-Bullying
Nah kalau bullying tipe siber ini biasanya terjadi di dunia maya. Walaupun terjadinya via internet atau sosial media, tetapi efeknya bisa merembet ke mana-mana termasuk jika dikombinasikan dengan tipe bullying sosial maupun fisik. Contohnya yang dialami mendiang Amanda Todd, seorang remaja asal Amerika Serikat yang pernah menjadi korban bullying. Ia pernah mengirim foto pribadinya via internet, namun kemudian jatuh ke tangan seorang pem-bully dan dijadikan bahan untuk mengintimidasi dan mengancam Amanda. Walaupun ia pindah ke sekolah lain, bahkan kota lain sekalipun, fotonya sudah telanjur tersebar dan ia jadi bulan-bulanan ke manapun ia pergi. Remaja malang ini pun akhirnya bunuh diri. Serem banget kan guys. Untuk mencegah hal yang sama terjadi padamu, selalu berhati-hatilah saat mengirimkan foto dan data pribadi kamu di internet. Jangan sampai juga kamu yang menjadi pelaku bully : perhatikan cara bicaramu, jangan mengucapkan hal-hal jahat yang bahkan kamu sendiri gak berani ucapkan kalau lagi ketemu langsung!

Salah satu cara agar bebas dari bullying adalah dengan nyuekin mereka yang mem-bully kamu dan jangan pernah sedih atau marah akibat ucapan mereka. Bahkan kamu bisa juga bercandain balik lho. Kamu juga kudu memperluas pergaulan karena biasanya mereka hanya berani nge-bully orang-orang yang nggak punya temen. Kamu juga wajib naikin pede kamu dengan belajar lebih tekun, nyetak prestasi lebih banyak! Kalo di-bully karena tubuh kamu pendek, nggak usah sedih, minum terus zevit Grow biar terus tambah tinggi dan #NaikinPedeLo

BACA JUGA
SCHOOL ZONE
Hal yang Bikin Kamu Semangat Berangkat Sekolah Tiap Pagi
Dibalik segala pusingnya mata pelajaran dan ujian sekolah yang terus berdatangan, pasti ada saja hal-hal yang membuatmu merasa semangat untuk berangkat sekolah tiap paginya. Kira-kira apa saja, ya
BACA SELENGKAPNYA »
SCHOOL ZONE
Nggak Perlu Takut, Ini Dia Cara Cepat Memahami Mata Pelajaran yang Sulit di Sekolah
Bagi anak sekolah, sudah menjadi hal yang wajar kalau ada satu atau beberapa mata pelajaran yang menurut mereka sangat susah untuk dipecahkan. Misalnya saja matematika
BACA SELENGKAPNYA »
SCHOOL ZONE
Selain Belajar, Ini Dia 5 Hal yang Digemari di Sekolah
Sebelum memulai, yuk kita tes kejujuran kamu dulu. Ngaku deh, terkadang aktivitas belajar di sekolah yang hampir satu minggu lamanya apalagi serangkaian ujian mata pelajaran pasti membuatmu merasa bosan, kan? Oops!
BACA SELENGKAPNYA »
SCHOOL ZONE
7 Barang yang Harus Dipersiapkan untuk Sekolah Saat Musim Hujan
Sudah memasuki bulan September, ini artinya kamu harus bersiap untuk menyambut musim hujan yang akan segera menampakkan batang hidungnya. Jangan sampai musim hujan
BACA SELENGKAPNYA »