Zevit Grow & Zevit C Time Release

Zevit Grow & Zevit C Time Release

zevit zone
ARTICLES
Tradisi Unik Saat Lebaran yang Ada di Beberapa Daerah di Indonesia
TREND ZONE

Tradisi Unik Saat Lebaran yang Ada di Beberapa Daerah di Indonesia

Saturday, 01 June 2019

Nggak melulu soal mudik, halal bihalal, makan ketupat dan opor ayam, serta berbagi THR, ternyata masih ada banyak tradisi unik saat lebaran yang dilakukan di beberapa daerah di Indonesia, lho. Masyarakat pun dengan senang hati melakukannya sebagai bentuk penghormatan mereka dalam menyambut hari kemenangan. Penasaran apa saja tradisi uniknya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Tradisi Ngejot di Bali

Meski mayoritas penduduknya menganut agama Hindu, namun perayaan lebaran di Bali juga cukup meriah, lho. Bahkan, ada satu tradisi unik saat lebaran yaitu Ngejot yang bertujuan untuk menunjukkan keragaman yang ada di Bali dan menciptakan keharmonisan antar umat beragama. Pada tradisi ini orang-orang akan saling memberikan hidangan rumahan pada tetangganya, terutama yang merayakan lebaran. Wah, kalau sudah begini pasti sajian lebaran di rumah akan selalu bertambah setiap harinya, ya. Seru banget!

Tumbilotohe di Gorontalo

Sudah menjadi hal yang wajar kalau menyambut hari kemenangan diwujudkan dengan hal yang meriah sebagai bentuk rasa syukur dan gembira. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Gorontalo yang akan menghias kampungnya dengan cahaya yang terbuat dari lampu botol minyak tiga hari menjelang Idul Fitri. Tradisi ini bernama Tumbilotohe.

Keunikannya sendiri terletak pada jumlah lampu yang terpasang di setiap rumahnya, karena biasanya jumlahnya disesuaikan dengan jumlah anggota keluarganya. Oh iya, tradisi Tumbilotohe ini juga sudah berlangsung sejak abad ke-15 sampai sekarang, lho. Keren, ya!

Bedulang di Bangka

Momen lebaran memang identik dengan makan bersama setelah halal bihalal, sama halnya seperti yang terjadi di Bangka. Uniknya, di Bangka ada satu tradisi unik yang selalu dilakukan saat lebaran, yaitu tradisi bedulang. Bedulang memiliki arti makan bersama dengan orang tersayang, seperti keluarga besar atau kerabat. Namun, yang membedakan bedulang dengan makan bersama pada umumnya adalah adanya peraturan yang harus dipatuhi, yaitu diharuskan makan menggunakan tangan tanpa alat bantu seperti sendok atau garpu. Makanannya pun biasanya disajikan dalam satu nampan besar, sehingga mereka bisa menikmati sajiannya dalam kebersamaan. Nikmat!

Perang Topat di Lombok

Sebagai salah satu pulau di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, momen lebaran pastinya menjadi salah satu hal yang wajib dirayakan dengan meriah. Sama halnya dengan tradisi Ngejot di Bali, di Lombok juga ada tradisi bernama Perang Topat yang tujuannya untuk mempererat persaudaraan antar umat beragama.

Kalau Ngejot adalah tradisi memberikan makanan ke tetangga, lain halnya dengan Perang Topat yang biasanya dilakukan di hari keenam lebaran oleh kaum pria di Lombok. Dalam tradisi ini warga akan mengarak hasil bumi sebelum memulai Perang Topat atau perang ketupat. Setelah itu, barulah mereka akan saling melemparkan ketupat. Menurut kepercayaan, melempar ketupat sendiri memiliki makna sebagai wujud permohonan dan doa akan segera terkabul.

Tradisi Pukul Sapu di Maluku

Last but not least ada tradisi pukul sapu yang dilakukan oleh masyarakat Maluku Utara, biasanya adalah para pemuda dari Desa Morela dan Desa Mamala. Tradisi ini sendiri dilakukan dengan cara kedua kelompok pemuda saling bertemu dan membawa sapu lidi yang terbuat dari pohon enau dan dilakukan di hari ketujuh lebaran. Kemudian mereka saling memukulkan sapunya satu sama lain selama 30 menit.

Meski terkesan membahayakan, namun tradisi yang sudah ada sejak lama ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan antar desa. Penasaran untuk melihatnya langsung?

Kalau tadi ada beberapa tradisi unik di berbagai daerah di Indonesia, kira-kira apa nih tradisi unik yang ada di keluarga kamu saat lebaran? Oh iya, biar lebaran nanti tetap fit dan makin semangat untuk bersilaturahmi dengan keluarga, jangan lupa untuk minum suplemen tambahan seperti Zevit Grow, ya.

Kandungan kalsium, Zinc, vitamin C, vitamin D, vitamin B, dan mineral penting lainnya sangat baik untuk pertumbuhan tulang di usia remaja. Nggak hanya itu, Zevit Grow juga bisa membantu menaikkan tinggi badan kamu jika mengonsumsinya secara rutin, lho. Dengan begini, lebaran jadi makin menyenangkan dan kamu pun makin percaya diri.

BACA JUGA
TREND ZONE
3 Film Animasi yang Berhasil Menyita Perhatian Setelah di-Remake di 2019
Sudah menjadi hal yang wajar kalau film animasi selalu berhasil menghibur banyak orang, mulai dari anak kecil hingga dewasa sejak dulu sampai sekarang. Selain karena jalan
BACA SELENGKAPNYA »
TREND ZONE
Daftar Film Indonesia Seputar Kemerdekaan yang Bisa Kamu Tonton Saat 17 Agustus
Jika selama ini kebanyakan orang menyambut peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh tiap 17 Agustus dengan menggelar berbagai macam perlombaan
BACA SELENGKAPNYA »
TREND ZONE
7 Ragam Wisata Kuliner yang Sedang Digemari Anak Muda Zaman Now
Sebagai anak muda zaman now, jangan sampai kelewatan untuk mencoba ragam wisata kuliner yang sedang digemari berikut ini. Penasaran?
BACA SELENGKAPNYA »
TREND ZONE
Tren Fashion 2019 yang Bisa Bikin Kamu Makin Trendy
Sudah jadi rahasia umum kalau tren fashion akan terus berulang dari waktu ke waktu. Jadi jangan heran kalau misalkan apa yang menjadi hits di zaman orang tua kita masih muda dulu
BACA SELENGKAPNYA »